Jumat, 01 Juni 2012

Modifikasi C-70 mono schock.

Penggemar motor lawas bebek Honda C-70, ni gue sharingin modifikasi anak bangsa yg patut dibanggakan


Dari webnya detikfoto ditemukan foto2 hasil modifikasi motor bebek lawas Honda C-70, walau ga ada uraian gimana modifnya dan berapa biayanya tapi kita bisa lihat motor tua Honda C-70 yang biasa keliatan berantakan di jalan..yang ini kelihatan wuaah banget..bahkan ruaarbiasa! Sepintas masih keliatan seperti Honda C-70 biasa, tapi kalo diperhatiin..di depan ada discbrake yang dipasang digarpu aslinya pegas ayun..bukan garpu telescopic..ini keren banget! Lampu depan dan blakangnya juga udah dikasih pernak pernik ga tau apaan..yang pasti kalo malem pasti laen nyalanya..nih


Nha..trus perhatiin schock blakang???? taraaaa...ilang men..kagak pake schock yang biasanya..berarti monoshock nih? Lo bisa bayangin ga..?..bebek Honda C-70 monoschock..!!! busyeet dah? Gimana bikinnya? Ini yang gue demen...tapi sayang gue ga tau gimana modifnya? Udah lama banget gue ngebayanginnya dan ini kenyataannya ada..di Indonesia lagi. Sbenernya masih atu lagi sih..ban blakangnya digambotin..tapi brarti harus bobok spatbor blakang yang emang sempit cuman bisa buat ukuran ban standar.



Trahir..lo perhatiin dah..rem cakram bukan ada di depan doang..tapi di blakang juga pake...alamaaaaak!? tambah lagi ga tau deh gue gimana modifnya....gue rasa tuh penemu motor ini Mbah Seichiro Honda bakalan seneng banget kalo ngeliat modifikasi ini, atau kalo diikutin lomba khusus modif motor honda bebek lawas..gue yakin pasti menang baangeet!!

Blakangan dari hasil googling gue, ketemu nih titik terang .pemodif motor ini..yaitu di bengkel Big Modification. Budi "Big" Rahmanto Jakarta timur, Jalan Mugeni, No 1 Pisangan, Jakarta Timur, wah kudu liat peta google lagi dah klo mau tau lokasinya dimana.

mari kita acungin jempol buat yang satu ini, ternyata Indonesia juga punya jagoan modifikasi motor lawas model ginian..bukan moge.


Senin, 30 April 2012

Modif Pengapian

Pembaca pengunjung blog ini sekaligus Penggemar Honda bebek C-70 slamet jumpa lagi setelah sekian lama ga cerita kemana aja motor gue "SIPITUNG". Ada sih..ngayap kesono kemari sendirian..karena gue ga masuk anggota genk motor...cuman ngayapnya siang doang...ga nyaman kalo malem2...karena gw punya masalah lampu yang nyorotnye kagak terang.
Setelah galau cukup lama soal lampu yg ga terang nyorotnya, barusan tertuntaskan sudah ke-galau-an itu dengan mengupgrade beberapa bagian tetapi tidak merubah tampilan. Kebanyakan sih yang gue liat modif urusan supaya lampu terang buat motor Honda C-70 ini adalah mengganti total magnetnya, spul dan batoknya skaligus punya Honda bebek Grand, akibatnya tampak samping blog mesin sebelah kanan punya C-70 ..nha sebelah kirinya punya Grand..wua yang kayak gitu..ga sreglah keliatanya. Ada lagi yang lebih ekstrem…ya ganti total blok mesinnya segelondongan punya Grand atau Supra….wuaa…buatku  ini sih  jadi hambar …ga krasa C-70 nya yang imut2 itu
.
Gw mau tampilan mesin masih kliatan C-70 tapi kemampuan sama seperti Grand, jadi upgrade yang dikerjain mekanik gue adalah.:
  1. mengganti spul C-70 yang lama dengan spul Grand, resikonya batok mangnet C-70 yang lama ga bisa dipake lagi karena kekecilan
  2. Cari batok magnet yang tampangnya kayak C-70 tapi muat buat magnet dan spul Grand. Dapetlah batok magnet Supercub, 
  3. Batok supercub as tengah magnet kekecilan..jadi harus..ditambah daging..mungkin dicor atau dikasih ring. 
  4. Udah gitu batok Supercub haru dibobok ujung bawahnya buat naro pulser...biar setelan Top pengapianya gampang dapetnya.  
spul C-70 yang lama ga kepake lagi...simpen, gitu juga batok magnetnya simpen.

spul Grand dimasukin ke batok Supercub dg modifikasi as tengah yg dikecilin dg nambah cor daging, dan batok dibobok utk dudukan pulser


blok magnet Grand yang juga dimodif/diperkecil as tengahnya supaya klop dgn spulnya diatas


batok Supercub yang sdh dibobok ujung bawahnya untuk dudukan pulser terlilhat benjol namun masih keliatan secara keseluruhan blok mesin khas C-70.

Itulah modifikasi yang kami lakukan atas pengapian model lama (platina) menjadi CDI, mungkin ada cara lain yg dilakukan, monggo aja dipilih, yang penting saya tidak harus nyetel platina dan ganti platina lagi, karena sekarang sudah susah nyarinya. Gimana Bro liat ndirilah..dan tokcer lo.. tidak ngabisin stroom accu lagi.

jreeeengggg...skarang nyorot..silauu man! cukup PDlah kalo buat night rider.

Demikianlah sharing kali ini smoga bermanfaat bagi pembaca sekalian yang punya problem lampu ga terang nyorotnya. Banyak cara supaya terang...banyak pilihan untuk dipilih...semua tergantung bisa ga dikerjainya karena butuh waktu..butuh biaya..butuh keahlian (maksud gue mekaniknya dan tukang bubut)..serta onderdilnya itu sendiri kadang susah dapetnya.

Adress mekanik gw adalah
Adi Motor, Jl suka bhakti 1 depan perumahan bintaro villages, kelurahan serua, ciputat tangsel 15414
HP WA 0856 9762 2621
FB https://www.facebook.com/adi.motor1?fref=pb&hc_location=friends_tab&pnref=friends.all

 .
salam
"satu hati"

Rabu, 04 April 2012

SYMBA

SYM  SYMBA TAIWAN



Buat nambah wawasan penggemar bebek Honda C-70 ada lagi nih produk baru replikanya dari Taiwan namanya Symba, ga tau deh nih apa udah masuk Indonesia? kayaknya sih belon pernah liat sliweran di Jakarta gitu. Spesifikasinya coba simak ini nih :

Classic commuter bike based on the Honda C90 Cub style but with updated features such as telescopic front suspension and a bigger 100cc engine. Fantastic fuel economy and reliability from its air cooled 4 stroke engine with 4 speed semi automatic gearchange. Electric starter. Its 17 inch spoked wheels and fully enclosed chain drive add to the retro look.All SYM models 125cc and over now come with a comprehensive 3 year warranty (2 years for up to 125cc models).http://www.motorcyclesupermarket.com/new-motorcycles/-SYM-Symba-100--in-Rugby-5857195

ada banyak pilihan warna yang imut2 nih...pink..biru telurasin, coklat, merah, kuning dan item...wah..brapa ya harganya? yang pasti...tanjakan pasti kuat..lampunya pasti terang benderang...???


 

Rabu, 07 Maret 2012

HONDA SUPER CUB PGM-FI

Karena kecintaan penggemar terhadap C-70 begitu kenceng, maka wajarlah kalau Thailand sampe bikin Tiger retro.Ternyata Honda sendiri juga udah bikin retro yang bentuknya hampir sama dengan C-70 yang lengendaris itu dari tahun 2009, tapi baru dijual untuk pasar jepang aja meskipun dibikinya di pabrik Thailand. Namannya Honda Super Cub PGM-Fi 110i jadi bentuknya mirip C-70 tapi mesinya udah 110cc fuel injection dg rangka tulang baja...wow...mantabe. Nah...ada khabar burung kalo yang ini di pasar gelap Jakarta udah ada dengan banderol harga sekita Rp 80 jt...wuah kalo dibeliin model kayak gue punya bisa dapet 10 biji dah. Haduuh..udah ngebayangin gimana ngelencernya naek motor ini...110 cc..mmm tarikannya pasti kuat...puncak pass sih..cemenlah...lampunya...wuah dah pasti terang benderang dong...mau night rider juga oke...apalagi kalo diganti bohlam sinar yang biru...wuaaaahhhh.



Nah...tinggal dipilih dah mau yg mana... Tigernya Thailand ato Hondanya Thailand..semuanya mirip Honda aslinya C-70...tinggal disesuaiin ma kantong masing2lah. Jadi sekarang kalo liat di jalanan bisa tau dengan jelas...woo..ini Honda Super Cub PGM FI dan ini Tigernya Thailand semuanya baru bukan modifikasian atau home made. Lah...Indonesia sendiri gimana?

Kamis, 02 Februari 2012

TIGER MOTOR THAILAND

Kebanyakan kalo kita beli honda c-70 ini kondisinya sudah ga asli bentuknya...ya karena emang udah ketuaan sih..jadi susah nyari spare part atau acesoriesnya. Kalo toh ada harganya pasti selangit..karena pasti itu punya kolektor yang lagi kepepet ngejual koleksinya..mangkanya susah dapetin barang yang tampak seperti aslinya. Nah..ini ada solusi..buat memenuhi keinginan itu...bentuk miriplah...cc nya lebih gede...110..dan semuanya baru gress...harganya ga mahal2 amat...coba tengok ini....Tiger Motor bikinan Thailand...busyet dah...ga cuman semangka..duren...beras...dari Bangkok....eh die bikin motor ginian juga.



Naaah...gimana..pasti kepincut kan ?   busyet gue jugaa..Sayang di Kebon Jeruk Jakarta belon ada agen nya jadi ya kudu sono dong? .hayooh sapa mo ke Bangkok gue nitip ajadah.



Minggu, 01 Januari 2012

HONDA C-50 DAN C-70



Bagi orang awam mungkin sama aja kalo liat motor bebek Honda bebek yang satu ini seliweran lewat didepan kita, sepintas mirip ..tapi sebenernya ada bedanya..terutama kapasitas cc nya. Ada Honda bebek (Cub) type C-50 (50cc), C-65, C-70(70cc), C-90, C-95, C-100, C-110, C-700, C-800 berikut adalah beberapa video dari youtube di bawah ini mungkin bisa memberi gambaran menjadi lebih jelas apa dan gimana "sipitung" ini :










C-50 Generasi Pertama

Untuk type C-50 merupakan generasi pertama yang diproduksi massal dan dikeluarkan di Jepang pada tahun 1958. Motor ini pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1961 

   

Berikut beberapa ciri C-50 antara lain :
  1. Headlampnya(lampu utama depan) berada di bawah setang.
  2. Joknya cuman depan aja, belakang rak bagasi barang
  3. Tangki bensinya seperti pispot, ada garis sambunganya dengan spatbor roda belakang
  4. Mesinnya dengan pengapian platina
  5. Kunci kontak ada bawah Jok disebelah kiri
  6. Setangnya bengkok melengkung seperti speda BMX tanpa lampu
  7. Lampu rem belakang nempel ke spakbor langsung kecil lancip
  8. Spionnya kotak sebelah kiri doang
  9. Sayap kotak kaku
  10. Ada yang pake electrik starter, ada yang tidak
  11. Lampu sein depan bentuknya lonjong kecil
  12. Schock belakangnya pendek 
C-50 Generasi Kedua

Pada tahun 1966 Pabrikan Honda mengeluarkan tipe C50, C 70 dan C90 (Kopling) dengan ciri yang sama dengan tahun sebelumnya, hanya perbedaan utamanya terletak pada headlampnya saja yang sudah berada di setang. Motor ini sering juga disebut Bebek Pispot, sebutan "PISPOT" mungkin karena bentuk tangki bensinnya tuh keliatan langsung ada batas dengan body sehingga   bentuknya mirip kayak pispot . Model ini bertahan hingga tahun 1973. Setangnya udah lurus, lampu sein dan spionya udah bulat bentuknya


C-70
Type ini ada dua macem, yang model pispot kebanyakan joknya misah, cirinya shock belakang panjang langsung ke swingarm, lampu rem belakang elips lonjong tidur, dah pake electrik starter.

dan model biasa, tangki bensin panjang (ga kayak pispot), joknya nyatu, schock belakang pendek swingarmnya adabengkokan keatas, lampu belakang tegak oval 

jadi kalo ente balik lagi ngeliat photo motor ku..ya tambah bingunglah...karena motorku C-70 tahun 80 yang jok aslinya nyatu gue bikin jadi misah kayak model pispot...




Senin, 05 Desember 2011

Serba-serbi Honda C-70

Seperti motor2 tua laenya di negara kita ini, Honda C-70 juga punya komunitas yang tersebar di beberapa provinsi, kebanyakan aktivitas klub-klub ini adalah touring, bhakti sosial, penghijauan, outbound, jamboree dan ada juga sih yang cuman mejeng2 aja..upload diblog..eh..besok2nya..blognya dah tutup..jiaa hahahaa. Sampe saat ini saya belum milih masuk ke dalam salah satu komunitas yang ada padahal dideket rumah..ada tuh.  Biarlah gini aja sendiri (a lone) bebas mo kesono-sini maunya sendiri, ga terikat aturan...ga harus pake seragam dan bayar iuran anggota segala...hehehehe.
Inilah beberapa address komunitas Honda C-70 di tanah air, siapa tau mo cari info seputas Honda C-70 di daerah masing-masing..address ini dicomot dari milis...mungkin sudah ada tambahan barulagi atau malah ada yang udah kadaluwarsa.


Motor Uloeng Gresik (MUG)
Jl. Panglima Sudirman 63, Gresik
(031) 3981435, 081 2325 3534 - Harris

Klub Ulung Lumajang (KUL)
Jl. Brigjen Slamet Riyadi 102, Lumajang
(0334) 884372

C70 Arema
Jl. Sumpil 3/5, Malang
(0341) 572926 - Nanang

Kompolan Motor Balang (Kombal)
Jl.
Trunojoyo 9/1, Bangkalan
(031) 3095458 - Irwan
Kediri Calong Fans Club (KCFC)
Jl.
Tinalan 3/58, Kediri
(0354) 689314, 685460 - Huda/Joko

Jombang Motor Oeloeng
Jl. KH Wachid Hasyim 67, Jombang
(0321) 870888, 875155 – Fitrananda

Federasi Honda Minti (Faham)
d/a Bp.
Gunawan - PT Telkom
Jl. Pahlawan No. 59, Madiun
(0351) 455655, 081 2344 1009

Ngawi Minthi Club (NMC)
Jl. S. Parman 30 - Ngawi 63216
(0351) 749638

Patria Kalong Club
Jl. Sentiaki 16 - Kademangan, Blitar 66161
(0342) 807473

Jogja Pitung Club (JPC)
Jl.
Gejayan 17, Jogjakarta
(0274) 886683, 081 2272 3167 - Heru

Honda Antik Club (HAC)
Jl.
Abimanyu V / 49, Semarang
(024) 3565464 - Sutrisno

Cempe Fan Club (CFC)
Jl.
Urip Sumoharjo Asem Binatur 3, Pekalongan
(0285) 429069 - Udin

CHANTIQ
Jl. Karang Kepoh II / 66, Salatiga
(0298) 313351, 081 824 4099 - Kusdek/Pakat

Ikatan Motor Plethoek Anak Solo (IMPAS)
Jl. Gatot Subroto III / 79, Solo
(0271) 664575 - Yani, 782905 - Joko

C70 Fan's Club (CFC) Prambanan
d/a "Patra Agung Sakti Motor"
Jl.
Senoharjo 9, Tlogo - Prambanan, Klaten
(0274) 497830, 081 125 9992

Si Pitung Club Temanggung Racer (Sicter)
Jl. Sri Suwarno 17 - Banyu Urip, Temanggung
(0293) 491730, 491117, 081 5685 5361

BOG Bandung
Jl. Lengkong Besar 109, Bandung
(022) 4230757

The Adventure of Duck (TAD)
Jl. Maripan 111, Bandung
(022) 5210727

Cianjur Onyo Club (COC)
Jl. Raya Cianjur - Sukabumi No. 59, RT 1 / RW 1
Ds. Bumi Sari, Kec. Warung Kondang, Cianjur
(0263) 268958 – Agus

Bebek Antik Club (BAC)
Jl.
Raya Banten - Sapta Marga 3A,
Serang - Banten
(0254) 207633 - Aries

Kumpulan Motor Lenci Bekasi (KMLB)
Jl. Jati Mulya Raya D/6, Bekasi Timur
081 876 4369

Bebek Antik Tangerang (BAT)
Jl. Duta Raya J I/3, Taman Cibodas, Tangerang
(021) 5515909 - Wiwit

Bali Seven Ceblok Club (BSCC)
Jl. Imam Bonjol IV / 15, Denpasar
(0361) 229031

Jepara Kaoto Fan Club (JKFC)
Jl. Tahunan 15 - km 5,5 - Jepara
(0291) 592105 - Widodo/Gendut

Jangkrik Antik Lampung (JAL)
Jl. Perintis Kemerdekaan Gg. Madrias IV / 74,
Bandar Lampung
(0721) 471249

Turen Tujuh Puluh Club (TTC)
Jl. Sapto Argo 1 - Kary. II Pindad
Turen - Malang 65175
(0341) 823894 - Bambang Nuriono

Persatuan Ulung Sidoarjo (Perus)
d/a Arif Bangkit Print, Kebonsari RT 01/02
Candi - Sidoarjo
(031) 8970479, 081 2315 2511

Trenggalek Kalong Club (TKC)
d/a UD Rofi'i Motor
Durenan - Trenggalek
(0355) 879281 - Rofi'i , 878605 – Ubin

Duck Owner's Club Sukabumi (DOCS)
Jl. Pelabuhan II / 289, Sukabumi
(0266) 222094 – Teddy

I'M Hot Pamulang
Jl. Duta Permai C-4 No.10, Pondok Hijau
Ciputat - Jakarta Selatan

Klaten Team Pletoek (KTP)
Jl. Ki Ageng Pengging 59, Klaten Utara
Jl. Veteran 70, Klaten Utara
(0272) 323810

Motor Tua Bangka (Motuba)
Komplek Bintaro II, Jl. G. Lawu 16B-44
Bintaro Jaya - Bekasi Barat

Bebek Bogor Club (BBC)
Babakan Sirna RT 05/09, Kel.
Tegallega
Kec. Bogor Tengah - Bogor
(0251) 358024

Honda Bebek C70 Owner's Club (HBOC)
Gg. Matahari 39-B, Warnasari - Kesambi
Cirebon 45134
(0231) 231692

C70 Fans Club Tegal
Jl. Werkudoro No. 68 / 72, Tegal
(0283) 357062

Honda Dulu Club (HDC) Cilandak
Jl. H. Nawi Raya 29, Kebayoran Baru
Jakarta

Honda Motor Classic (HMC) Ciledug
Jl. Al Mubarok I / 13, RT 0014 / RW 02
Joglo - Jakarta Barat 11640
(021) 5859916

Bebek Tasikmalaya Independent Club
d/a Raga Motor
Jl. Letkol RE Djaelani 20, Cikurubuk-Tasikmalaya
(0265) 324087, 081 2142 7401, 081 6466 7873

Motor Antik Bekasi (MAB)
Jl. Rawa Indah No. 56-57, RT 03/09
Karang Kitri - Bekasi
(021) 9227702, 8815265, 081 894 3245

Besi Tua Motor Club (BTC)
Jl. Jendral Sudirman No. 208 - RT 11
Sumber Pucung 65165 - Malang
(0341) 386874
Bebek Roda Antik Ambulu (BRAA)
Jl. Manggar No. 60 / 62, Jember
(0336) 881440, 882563

Ikatan Minthi Muda Madiun (IM3)
Perum Bumi Mas Blok D No. 11, Madiun
(0351) 499961, 081 2326 5475 (Alex)

Honda Antik Jambi (HAJI)

Selanjutnya ga kumplit kalo ga tau website yg ngupas motor satu ini beikut ada beberapa buat coba di kliklah

Beberapa alamat website seputar Honda C-70 :
 http://ccg-bandung.blogspot.com/
 http://www.hondaretro.com/index.php?page=kelistrikan

Trus tambah kumplit lagi nih kalo tau dimane aje kita bisa blanja keperluan motor ini, karena yang susah justru nyari acesoriesnya daripada onderdil mesin, berikut mungkin bisa di kontak..mudah2an masih aktif tuh alamatnya dan dapet apa yg dicari :

Beberapa alamat penjual parts Honda C-70 :
PERUMAHAN WISMA MAS BLOK E 5 NO 4
CINANGKA - SAWANGAN.... DEPOK
  MASUK  DARI  BELAKANG  LAPANGAN  GOLF  PONDOK  CABE ....JAKARTA SELATAN
  +- 5 MENIT DARI   KANTOR  POLISI...GAPLEK
PEMBAYARAN  VIA  BANK  BCA  /  BANK  MANDIRI >>>>>BARANG  DIKIRIM
PAKET  DIKIRIM  VIA.......CV. TIKI TITIPAN KILAT.......KANTOR POS.......J N E
BROTOSENO
0817-663-6767
021-41-53-96-53

Lapak motor tua honda
Jl Kramat Jati
Jakarta Timur

Outlet168
Address:
BSD City - Sektor 1.6.
Jl. Kubis 3 Blok A5 No.6
Tangerang 15318
Banten, Indonesia.
Contact person: Leo kurniawan
Phone: +628176560168 (NO SMS Please