Senin, 30 April 2012

Modif Pengapian

Pembaca pengunjung blog ini sekaligus Penggemar Honda bebek C-70 slamet jumpa lagi setelah sekian lama ga cerita kemana aja motor gue "SIPITUNG". Ada sih..ngayap kesono kemari sendirian..karena gue ga masuk anggota genk motor...cuman ngayapnya siang doang...ga nyaman kalo malem2...karena gw punya masalah lampu yang nyorotnye kagak terang.
Setelah galau cukup lama soal lampu yg ga terang nyorotnya, barusan tertuntaskan sudah ke-galau-an itu dengan mengupgrade beberapa bagian tetapi tidak merubah tampilan. Kebanyakan sih yang gue liat modif urusan supaya lampu terang buat motor Honda C-70 ini adalah mengganti total magnetnya, spul dan batoknya skaligus punya Honda bebek Grand, akibatnya tampak samping blog mesin sebelah kanan punya C-70 ..nha sebelah kirinya punya Grand..wua yang kayak gitu..ga sreglah keliatanya. Ada lagi yang lebih ekstrem…ya ganti total blok mesinnya segelondongan punya Grand atau Supra….wuaa…buatku  ini sih  jadi hambar …ga krasa C-70 nya yang imut2 itu
.
Gw mau tampilan mesin masih kliatan C-70 tapi kemampuan sama seperti Grand, jadi upgrade yang dikerjain mekanik gue adalah.:
  1. mengganti spul C-70 yang lama dengan spul Grand, resikonya batok mangnet C-70 yang lama ga bisa dipake lagi karena kekecilan
  2. Cari batok magnet yang tampangnya kayak C-70 tapi muat buat magnet dan spul Grand. Dapetlah batok magnet Supercub, 
  3. Batok supercub as tengah magnet kekecilan..jadi harus..ditambah daging..mungkin dicor atau dikasih ring. 
  4. Udah gitu batok Supercub haru dibobok ujung bawahnya buat naro pulser...biar setelan Top pengapianya gampang dapetnya.  
spul C-70 yang lama ga kepake lagi...simpen, gitu juga batok magnetnya simpen.

spul Grand dimasukin ke batok Supercub dg modifikasi as tengah yg dikecilin dg nambah cor daging, dan batok dibobok utk dudukan pulser


blok magnet Grand yang juga dimodif/diperkecil as tengahnya supaya klop dgn spulnya diatas


batok Supercub yang sdh dibobok ujung bawahnya untuk dudukan pulser terlilhat benjol namun masih keliatan secara keseluruhan blok mesin khas C-70.

Itulah modifikasi yang kami lakukan atas pengapian model lama (platina) menjadi CDI, mungkin ada cara lain yg dilakukan, monggo aja dipilih, yang penting saya tidak harus nyetel platina dan ganti platina lagi, karena sekarang sudah susah nyarinya. Gimana Bro liat ndirilah..dan tokcer lo.. tidak ngabisin stroom accu lagi.

jreeeengggg...skarang nyorot..silauu man! cukup PDlah kalo buat night rider.

Demikianlah sharing kali ini smoga bermanfaat bagi pembaca sekalian yang punya problem lampu ga terang nyorotnya. Banyak cara supaya terang...banyak pilihan untuk dipilih...semua tergantung bisa ga dikerjainya karena butuh waktu..butuh biaya..butuh keahlian (maksud gue mekaniknya dan tukang bubut)..serta onderdilnya itu sendiri kadang susah dapetnya.

Adress mekanik gw adalah
Adi Motor, Jl suka bhakti 1 depan perumahan bintaro villages, kelurahan serua, ciputat tangsel 15414
HP WA 0856 9762 2621
FB https://www.facebook.com/adi.motor1?fref=pb&hc_location=friends_tab&pnref=friends.all

 .
salam
"satu hati"

21 komentar:

  1. Balasan
    1. maksudnye beli jadi di toko? ga ada yg jual Bro. tapi coba aja lo datengin bengkel langganan minta dibikin kayak gini, bisa kale....salam

      Hapus
    2. Pak winanarno, spul grand nya, di buatin dusukannya gax ? Apa langsung di pasang.

      Hapus
    3. dibuatin dudukannya mas,ditambah "daging" kata tukang bubutnya, gt jg utk dudukan pulsernya

      Hapus
  2. Balasan
    1. mhn maaf baru balesin, bengkelnya Adi Motor, jl suka bhakti 1, dpn perumhn bintaro vilages, kelurahan serua,ciputat tangsel HP 085697622621

      Hapus
  3. Om nama bengkel nya apa? Terus gimana soal mesin no mogok/rembes kan?
    Terus soal yang lain2 ttp mempertahankan basic honda 70 kan. Soalnya ane punya om belom lama spul nya gosong, dan juga kondisi motor mudah mati. Tapi tetep pengen banget mempertahankan bentuk mesin honda c 70 yang unyu unyu wkwk

    Thanks.. suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama bengkelnya Adi Motor, jl suka bakti 1 depan perumahan bintaro vilage, kelurahan sarua ciputat tangsel 15414 HP WA 0856 9762 2621.
      bisa kok ngidupin lagi, motorku dulu jg mati dan ancur banget kondisinya

      Hapus
  4. Mau tanya, habis biaya berapa om buat ngubah c70 ke cdi?
    Terus, blok magnet c70 sama supercub bukannya sama saja ya om? CMIIW :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Iqbal Surya trmksh telah berkunjung ke blog saya, maaf baru sempet balas, soal biaya waktu itu habis 2,7jt an

      Hapus
  5. blok supercub emang beda sama blok c70 gan?

    BalasHapus
  6. Supercub 700 thn 1981 gw gak ada masalah pdhl masih pake platina dan aki 6 volt

    BalasHapus
  7. GAN klu pakai spul dan magnit honda 800 untuk ganti spul
    c 70 bisa gaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wadoow..gw ga paham tu bro..tar kalo ketemu mekanik gw tanyain ya

      Hapus
  8. Klo mau beli blok super cub dmn yaa?? Soaly motor sya jg ngalamin hal yang sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau bekas ya dikunjungi aja lapak2 barang bekas khusus speda motor seperti di deket pasar kramat jati jaktim, atau lebih praktis cari dari google..ketik aja block super cub...syukur2 bisa dapat yang baru, biasanya di bukalapak ada tuh

      Hapus
  9. Itu penghitungan jarak Pulsar sama top nya gmna mas biar bisa tau duduk Pulsar nya itu pas? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks atas kunjungan ke blog saya, mohon maaf sy ga tau tuh gimana ngitungnya biar pas...kalo nurut crita si mekaniknya dia nyontoh motor jadulnya yg sukses duluan dibikin cdi dg masang pulsar diblok tutup mesinya. dmkn agar maklum

      Hapus
  10. Bak mahnit c70 dgn super cup apa ada beda nya gan...? Kyk nya sama la

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata mekanik gw sih c70 beda di as nya sama ga ada dudukan pulsernya

      Hapus